“Dingin- dingin, dimandiin. Nanti masuk angin.”

-Air (Joshua Suherman)

Masih ingat lagu fenomenal satu ini? Ya, akhir-akhir ini lirik lagu tersebut selalu saya nyanyikan setiap menyentuh air (baca: mandi). Entah mengapa cuaca di kota Jogja lagi gila-gilaan dinginnya, sampe-sampe bikin males melakukan segala aktivitas yang berhubungan dengan air. Jadilah saya sering bersenandung lagu lama ini.

Tiba-tiba terbesit pikiran, sekarang kabar penyanyinya gimana ya? Joshua ‘diobok-obok’ Suherman. Akhirnya googling deh (emang saya lagi ga ada kerjaan). Hasilnya? Saya tercengang! Kenapa? Persamaan kita banyak ternyata. Dia kelahiran 1992, seperti saya. Lebih muda, malah! Ckckck. Agama juga sama, Kristen. Trus, denger-denger dia juga kuliah di jurusan komunikasi (bener ga sih?!). Kalo iya, sama juga dongs..

Kalo liat sepak terjangnya, ternyata saya juga lumayan ngikutin ya kalo diliat-liat. Yaaah, paling ga saya pernah liat dia maen sinetron & film, jadi penyanyi, dan bintang iklan. Ternyata Jojo (sok akrab bener deh) masih eksis di dunia hiburan tanah air sampe sekarang. Bahas satu-satu deh (lagi-lagi ga ada kerjaan)..

Mulai dari lagu deh, paling inget lagu “Air” (1998) alias “Diobok-obok” . Lagian saya nulis post ini juga gara-gara lagu ini kan hehe. Video klipnya di seluncuran gitu ga sih? Haha lupa euy. Tapi suara dia emang lucu banget sih, bikin gemes. Kalo didengerin liriknya, bagus juga lho sebenernya. Ngasih tau kegunaan air haha sedikit pengetahuan lah.

Sinetron dia yang paling saya ikutin –emang cuma tau satu juga sih– berjudul “Anak Ajaib” (2000). Tapi saya juga udah lupa sih ceritanya gimana hehe. Kalo ga salah, dia tuh sebenarnya robot deh. Trus diurus gitu sama satu keluarga. Bener apa ga, saya males cari tau soal ini hehe. Yang pasti dulu saya ga pernah absen nontonin ni sinetron. Wah, ternyata dari kecil saya udah jadi pecinta sinetron yaaa *malu*

Lanjut ke iklan, yang paling saya inget itu “Nutri Sari” Wah, udah besar ya dia sekarang! Bisa dibilang, image anak-anak dia udah ilang di iklan satu ini. Suara dia juga udah ga lucu lagi. Padahal pas di iklan “Sakatonik ABC”, masih bocah banget kan. Topi cupluk dia juga ngekhas gitu. Emang di iklan itu dia pake topi? Saya juga lupa haha. Pokoknya Jojo kecil suka pake topi cupluk deh! *ngotot ga penting*

Film dia gimana? Nah, saya cuma pernah liat dia di “Sang Pencerah” (2010), jadi santri gitu deh. Akting dia tetep bagus. Salut juga sama dia yang ga tengsin ambil peran yang berbeda dengan kesehariannya. Dia Kristen tapi ga ragu ambil peran buat jadi orang Muslim. Bagus bagus bagus!

How’s Jojo now? Dari perawakan, bersadarkan layar kaca televisi, dia berkulit gelap dan badannya bongsor. Ga heran kalo peran dia di beberapa FTV jadi anak udik (ups) yang polos, biasanya pindahan dari desa ke kota. Soalnya emang karakternya sesuai banget si sama badannya. Ga bermaksud menghina lho! Tapi malah itu bagus lho, salut (lagi) saya. Di tengah arus dunia hiburan yang identik dengan berbagai artis kulit-putih-postur-bule atau jago-nyanyi-dan-dance-muka-oriental, Jojo tetep aja eksis dan agak susah digeser dari hati masyarakat Indonesia yang udah terlanjur kesengsem sama lagu “Air”. Seperti saya! Hahaha.

Kabar terakhir yang saya denger, pas dia udah gede, adalah ayahnya meninggal. I’m sorry to hear that.  Wah, pasti sedih banget ya.. Apalagi dia anak sulung, otomatis dia jadi kepala keluarga. Bukan sesuatu yang gampang. Tapi Jojo pasti kuatlah, kan Anak Tuhan🙂 *apa sih, haha*

Yaaah, itulah sekilas info tentang Joshua Suherman, yang mengingatkan saya pada masa kecil saya. Saya bukan fan dia, tapi sedikit-banyak tahu tentang dia. Kata teman sata Titoom dan Mega, muka dia itu muka anak baik-baik. Hahaha apa sih, bener-bener ga ada kerjaan saya ini yaaa…

Leave a Reply

