Beberapa waktu lalu, teman saya bilang kalau pekerjaannya membosankan karena ga mikir. Bahkan kemarin teman saya yg lain juga bilang kalau pekerjaan dia yang baru pun ga terlalu mikir. Jadi sebenarnya, pekerjaan yang diinginkan adalah pekerjaan yang mikir, gitu?

Sejujurnya saya tak terlalu peduli apakah perkerjaan mikir itu penting apa engga, yang penting pekerjaan itu ga bikin stress. Kalau misalnya dapat pekerjaan yang ga mikir tapi ga suka dan berujung ga bahagia, buat apa juga? Lebih baik pekerjaan mikir yang menguras tapi bikin hati puas. Oke, saya mulai mengerti dengan maksud mereka.

Memang sekarang lagi hits banget bahas tentang pekerjaan. Di usia lulus-kuliah-saatnya-kerja-beneran ini semacam pekerjaan lah yang ada di kepala. Dan ada beberapa jenis pencari kerja yang saya ketahui:
1. Yang penting kerja
Entah sesuai atau tidak dengan jurusan/passion, pokoknya dapat kerja secepatnya. Perkara cocok atau tidak, gaji sesuai atau tidak, itu nanti saja. Yang penting lepas dari status pengangguran.
2. Sesuai dengan passion
Pokoknya harus teraplikasi ilmu yang sudah dipelajari. Tipikal idealis. Buat apa belajar lama kalau ga kepake?
3. Nama perusahaan harus terdengar
Biar cuma jadi kacung, pas ditanya dengan sok merendah bilang tempat kerja. Dan respon si penanya selanjutny “Wah, perusahaan gede tuh!” Dalam hati langsung bangga.
4. Lanjutin/ngikut sama ortu/them an
Biasanya yang punya usaha turun temurun. Atau cari kerja pake link dari ortu atau teman. Pokoknya ga perlu perjuangan keras, punya akses khusus soalnya.

Kalau saya yang mana? 2 dan 3. Dan ini kacau banget. Di saat teman yang lain sudah pindah kerja, saya gamau pindah kalu bukan ke perusahaan besar. Terlalu memang. Entah sudah berapa kali otak bilang, “Udah lah, ke korporasi aja, Yan. Mungkin emang jalanmu ga ke dunia media…” Tapi hati selalu ngotot gamau pindah ke bidang selain media. Berhadapan dengan orang yang keras hati saja melelahkan, apalagi kalau ditambah keras hati. Bhay!

Sejujurnya saya lumayan menikmati pekerjaan yang sekarang, sebagai content writer di startup web. Pekerjaannya sesuai dengan bidang dan tidak terlalu forceful. Hanya saja saya capek dengar koar2 orang sekitar yang meremehkan pekerjaan saya. Ini membuat saya sangat tertekan. Memang gaji tidak seberapa bila dibanding teman2 yang lain. Memang nama perusahaannya pun belum terdengar. Tapi bisa tidak diam saja? Tolong lah, sebelum kejiwaan saya benar2 terganggu.

image

Leave a Reply

