Nainggolan Yogyakarta (cabang Jakarta) ❤

Sudah lama saya tak membahas tentang sesuatu yang personal. Mungkin saya terlalu terpaku mengikuti teman-teman baru yang kebanyakan menulis tentang sesuatu yang terpampang nyata. Kali ini, saya akan membahas tentang hal yang tak memanjakan mata, tapi jiwa saya. 

Pada Selasa (27/6) pukul 10 malam saya sedang bersantai di kamar kos dan bersiap tidur. Tetiba ada telpon dari Bang Tony. 

Bang Tony: Dek, kau dimana? Sinilah, ada Indri ini juga baru datang

Yanti: Bang, ini udah malam. Aku juga tadi kerja, besok kerja

Bang Tony: Ah, sinilah. Ini bicara dulu sama Indri

Kak Indri: Dek, sinilah. Aku juga baru sampe kok (dari belakang Bang Tony bilang, ‘satu-satu kita bicara biar dia mau datang’)

Bang Abram: Dek, sinilah. Kau naik ojek, nanti pulangnya kita antar

Yanti: Yaampun, udah malam ini bang!!

Tapi akhirnya saya berangkat ke sana, ke Plaza Festival Kuningan, yang jauh dari Kedoya. Sesampainya di sana, pukul 11 malam, saya langsung nimbrung dan ngobrol santai dengan topik utama: menggoda Bang Tony (yang notabene paling tua diantara kami). Iya, belum sah jadi Naposo Nainggolan Yogyakarta kalau belum menggoda abang kesayangan kami semua itu 🙂

Aih, pasti pada bingung, siapa ya mereka ini sampai saya bela-belain menerjang dinginnya angin malam padahal besok saya masih kerja lagi? Mereka adalah anggota dari Naposo Nainggolan Yogyakarta (NY). Oiya, sekarang pakai tambahan ALUMNI karena kami sudah tidak di Jogja lagi. Saya sudah bergabung dengan NY sejak 2011, tahun kedua kuliah.

Sebagai seorang berdarah Batak murni (tapi muka ga sengaja Oriental), saya ingin terlibat dengan hal-hal yang berbau adat. Tapi bukan dalam hal yang berat, cukup yang santai saja. Salah satunya adalah dengan bergabung dengan kumpulan pemuda yang satu marga dengan saya, Nainggolan. Kumpulan ini berisi anak-anak yang berkuliah di Yogyakarta, baik merantau atau memang berdomisili di kota tersebut dan tanpa memandang angkatan. Tentu saja ini sangat menguntungkan dimana kalau kamu berada di kota orang dan membutuhkan pendamping yang baik dan benar tanpa da tujuan memanfaatkan, segera cari orang yang satu marga denganmu. Pasti aman!

Jujur, setiap berkumpul dengan para kakak dan abang ini, baik di Jogja atau di Jakarta, saya selalu mendapat pelajaran baru yang tak bisa saya dapatkan ketika berkumpul dengan kemlompok-kelompok lain. Saya merasa mendapat makanan jiwa bersama mereka yang tak hanya menjadi saudara namun juga sebagai teman diskusi, penasehat, pendukung, dan bahkan tukang ejek! Dan saya selalu bersyukur untuk itu.

Untuk kumpul-kumpul malam itu, ada enam orang: Bang Abram, Bang Tony, Bang Pungu (baru kenal saat itu), Kak Indri, dan Reza (seharusnya panggil Bang, tapi dari kecil udah kebiasaan panggil nama aja sih…). Kami kumpul dalam rangka Reza yang kerja di Pontianak lagi main ke Jakarta dan Kak Indri yang rencananya mau nikah. Btw mereka berdua bersaudara dan keluarga kami udah kenal lama banget, dari sebelum pindah ke Jogja lho. Makanya saya rada ga enak kalo datang. 

Pelajaran yang saya dapat ada banyak, tapi satu yang paling nempel di kepala. Saat itu kami sedang membahas salah satu naposo yang baru keluar dari rumah sakit, Kak Eva. Saat abang-abang NY jenguk, Kak Eva bilang ‘Memangnya kalian masih anggap aku keluarga?’

Dengan bijak, abang-abang itu menjawab, ‘Mau adek ada berantam sama salah satu dari kita (anggota NY), tetap kita keluarga apapun yang terjadi.’ See? Saat mendengarnya, meski klise, saya tahu banget mereka tulus. Kita emang kerjanya ketawa-ketawa melulu kalau kumpul, tapi saya tahu abang-abang ini selalu berusaha dan memastikan kami semua merasa aman dan baik-baik saja. Layaknya seorang abang/kakak yang menjaga adik kandung sendiri. 

Oiya, satu lagi yang saya ingat (dan mungkin akan saya praktikkan huehehehe): pokoknya sebelum 2020 dan di bawah tanggal 20. Semacam Nainggolan lagi marahan sama angka 20 ya….

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Up ↑

%d bloggers like this: